UNIVERSITAS AL WASHLIYAH LABUHANBATU

Univa Labuhanbatu

Universitas Al Washliyah adalah salah satu perjuangan Al Washliyah khususnya dalam bidang pendidikan di Labuhanbatu. Al Jam`iyatul Washliyah merupakan organisasi kemasyarakatan dengan amal ittifaknya yaitu pendidikan, dakwah dan amal sosial yang didirikan oleh pelajar-pelajar Maktab Islamiah Tapanuli Medan, Sumatera Utara pada tanggal 9 Rajab 1349 H bertepatan tanggal 30 Nopember 1930 dan organisasi tersebut diberi nama ALJAM`IYATUL WASHLIYAH (Al Washliyah) oleh Ulama Besar Shyeh H. Muhammad Yunus. Dan menjadi landasan gerakan perjuangannya adalah Quran Surat Asshof ayat 10 – 11 yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, maukah kamu aku (Allah) tunjukkan suatu perniagaan yang melepaskan kamu dari azab yang pedih ?, berimanlah kamu kepada Allah dan RasulNya dan bekerjalah kamu bersungguh-sungguh (berjihad) di jalan Allah dengan harta dan dirimu, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.

Memperhatikan salah satu seruan dan petunjuk Allah Swt sebagaimana tertulis pada ayat diatas dapat dipahami bahwa untuk mencapai kesusksesan hidup didunia dan akhirat setidak-tidaknya harus terpenuhi dua syarat, yang pertama beriman kepada Allah dan RasulNya, sedangkan yang kedua adalah berjuang secara sungguh-sungguh (berjihad) dengan menyumbangkan harta, tenaga, pikiran, pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sebagainya. Jihad yang dimaksud bukan hanya berangkat ke medan perang tetapi memperdalam pengetahuan dan mengembangkan pendidikan merupakan bagian dari jihad.

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah

Untuk menindaklanjuti tujuan didirikannya Al Jam`iyatul Washliyah maka Pimpinan Daerah Al Jam`iyatul Washliyah Labuhanbatu, H. Ali Amran Zakaria mensponsori rintisan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al Washliyah Labuhanbatu bersama tokoh lainnya yaitu : H. Abd. Rahim Ja`far, H. Ibrahim Yusuf, H. Muhammad Hasan Basri, Drs. H. Akhmad Mukhyar, Drs. H. Abd. Roni Harahap, H. Nasyruddin Adnan Daulay, Drs. H. Agus Ahmad Siregar, H. Abd. Aziz Hasibuan, H. Usman Ahmad, H. Abdul Halim Hasan dan Raja Bahran Nasution, SH.

Amal usaha Al Washliyah di bidang pendidikan mulai dari pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan menengah sampai perguruan tinggi yaitu TK/Raudhatul Athfal, SD/MI, MTs/SMP, SMA/MA, SMK dan Perguruan Tinggi. STIT Al Washliyah Labuhanbatu yang dirintis tanggal 21 Mei 1991 bertepatan 7 Zulkaedah 1411 H diasuh oleh Yayasan Sekolah Tinggi Islam Al Washliyah (STIA) Labuhanbatu dengan akta Notaris No: 08 tanggal 4 Juli 1992 dan sebagai Dewan Badan Pengurus H. Moh. Hasan Basri (Ketua Umum), H. Bahroem Dalimunthe (Sekretaris Umum), H. Abd. Rahim Ja`far, H. Makmur Batubara, Johan M.Rokan (Ketua I, II, III), Zulkifli Dalimunthe, Hazrat, BA, Abdul Halim Hasan (Sekretaris I, II, III), H. Abd. Aziz Ritonga (Bendahara Umum), H. Abd. Aziz Hasibuan (Bendahara I). dan Ketua STIT Al Washliyah Labuhanbatu di jabat oleh Drs. H. AHMAD IDRIS.

STIT berkembang menjadi beberapa program studi agama, maka berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Washliyah dengan Surat Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam No: E/23/1999 tanggal 30 Oktober 1998 dan pada tahun 2002 – 2005 STAI di lola oleh Badan Pelaksana Harian dengan SK PB Al Jam`iyatul Washliyah No: Kep-952/PB-AW/XVIII/2002 tanggal 8 Agustus 2002 dengan Susunan Personalia : Drs. H. Abd. Roni Harahap (Ketua), Drs. H. Bukhari Is, MM (Sekretaris), Drs. H. Hasyim Syahid, Ali Amran Zakaria, Drs. H. Abd. Halim Hasan (Anggota), dan Ketua STAI adalah Drs. KARIM, MA.

Badan Pelaksana Harian (BPH) STAI Al Washliyah Labuhanbatu periode 2005 – 2009, SK PB Al Ja`iyatul Washliyah No: Kep-61/PB-AW/XiX/VI/2005 tanggal 9 Juni 2005 (2 Jumadil ula 1426 H) dengan susunan personalia H. Usman Ahmad, S.PdI. (Ketua), Ir. H. Marwan Efendi Siregar, MM (Sekretaris), H. Abd. Halim Hasan, S.Ag (Bendahara), H. Ali Amran Zakaria (Anggota) dan Ketua STAI adalah Drs. RAHMAT HIDAYAT RAMBE, M.Pd.

Dan selanjutnya untuk menampung aspirasi ummat belajar pengetahuan umum maka kembali berubah bentuk dari STAI menjadi Universitas. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No: 158/D/O/2008 tanggal 31 Juli 2008 bertepatan tanggal 28 Rajab 1429 H di bawah naungan Yayasan Sekolah Tinggi Islam Al Washliyah Labuhanbatu dengan Ketua Drs. H. Johan M. Rokan, dan Sekretaris Drs. Zulkifli Dalimunthe.

Dalam perjalanan panjang STAI menjadi Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, alamat kampus yang pertama sekali digunakan adalah Jalan Siringo-ringo Rantauprapat dan saat ini Universitas Al Washliyah Labuhanbatu yang beralamat di Jalan H. Adam Malik / Lingkar By Pass Rantauprapat diatas tanah 14.800 m2, yang merupakan wakaf dari Bapak H. TUTUR PARAPAT. Selanjutnya tanggal 9 Agustus 2008 tepatnya hari Wisuda Sarjana STAI Al Washliyah Labuhanbatu Angkatan X kembali bapak H. Tutur Parapat mewakafkan tanahnya seluas 4000 m2 sebagai hadiah telah terbitnya ijin Universitas Al Washliyah Labuhanbatu tanggal 31 Juli 2008.

Universitas Al Washliyah Labuhanbatu terdiri dari 4 (empat) Fakultas yaitu : Fakutas Agama (FA) dengan Prodi Pendidikan Agama Islam (S1), Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (S1) Fakultas Teknik (FT) dengan Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan Prodi Pendidikan Biologi (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Ingeris (S1), Fakultas Ekonomi (FE) dengan Prodi Manajemen (S1).

Fakultas Agama di Universitas Al Washliyah Labuhanbatu yang merupakan perubahan dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Washliyah Labuhanbatu yang masih dalam proses namun telah mendapat persetujuan dari Direktur Perguruan Tinggi Agama Islam Dirjen Kelembagaan Agama Islam No: Dj.II/Dt.II.III/PP.03.2/1/1509/06 tanggal 3 Pebruari 2006 dan sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI No: Dj.II/PP.02.3/169/06 tanggal 9 Maret 2006 yang ditujukan kepada Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI. Al Hamdulillah pada bulan Juli 2010, ijin Perpanjangan seluruh Program Studi di UNIVA Labuhanbatu telah diterbitkan oleh DIKTI sampai dengan Juli 2014. Amiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *